Google sampai saat ini masih dianggap sebagai Search Engine nomer satu,
dan juga terfavorit dibanding kebanyakan search engine yang lain.
Selain memiliki tampilan situs yang sangat sederhana, Google juga
menyediakan hasil pencarian yang akurat. Sistem pengindeksan-nya yang
otomatis membuat Google nyaris tanpa kompromi dan adil, artinya tanpa
campur tangan manusia, semua situs dan blog entah besar dan kecil,
pemain baru atau lama mendapatkan kesempatan yang nyaris sama.
INTEGRITAS SEARCH ENGINE
Salah satu alasan kenapa search engine yang ada sebelum Google menurun
popularitas dan kegunaannya adalah munculnya Paid Listing. Di mana
search engine yang "lapar" akan bayaran/penghasilan menjual posisi
dalam hasil pencarian kepada para pemasang iklan.
Pelemahan terhadap obyektivitas tersebut meracuni hasil pencarian dan
meremehkan prinsip popularitas yang dimiliki situs web. Perbedaan
antara search engine, yang seharusnya menampilkan hasil yang anda cari,
dengan saluran browser, yang membawa anda ke bisnis affiliasi,
mengabur. Walaupun banyak search engine yang menolak menjual posisi
dalam hasil pencarian mereka, keraguan dan ketidakpercayaan telanjur
menyebar di hati para pengguna.
Integritas Google terlihat dari halaman situs mereka yang bersih dari
segala macam tetek-bengek, dan semata-mata menonjolkan satu hal yaitu
kata "Search". Memang Google menerima iklan, tetapi iklan yang mereka
terima dipisahkan dari hasil pencarian. Mungkin tidak semua orang
setuju dengan cara Google merangking hasil pencarian, tetapi tidak ada
seorang pun yang mengira bahwa rangking teratas di hasil pencarian
Google bisa dibeli.
Nah, tetapi bagaimana sebenarnya cara kerja Google dan search engine
secara umum ? Artikel ini bermaksud menjawab hal tersebut secara
sederhana.
CARA KERJA DASAR SEARCH ENGINE
Semua
search engine (mesin pencari) bekerja dengan cara dasar yang sama :
mereka "merayapi" (crawl) halaman web dengan software robot otomatis
disebut Spider (laba-laba) atau Crawler (perayap) yang
menghasilkan/menciptakan Indeks (daftar) isi web yang bisa
dicari/ditemukan oleh para pengguna. Setiap search engine mengijinkan
para penggunanya untuk mencari di dalam daftar (indeks) yang mesin
pencari itu miliki, untuk sebuah Keyword (kata kunci) atau sekumpulan
keyword. Hasil pencarian ditampilkan dalam berbagai bentuk daftar,
tetapi kebanyakan menampilkan sedikit informasi mengenai setiap web yang
masuk dalam daftar dan link yang mengarah ke web tersebut.
Cara setiap search engine membuat daftar sangat unik, berkat
pemrograman mesin spider yang berbeda satu sama lain. Unsur utama dalam
pemrograman spider adalah pada algoritma mesin pencari tersebut, yang
menentukan rangking dari setiap halaman web yang didaftar. Sistem
rangking tersebut menentukan cara hasil pencarian ditampilkan.
CARA KERJA GOOGLE
Aset teknologi utama Google adalah pada sistem algoritma yang mereka
miliki, formula sistem rangking rumit yang memberikan pada para
pemakai, hasil pencarian yang bagus dan seringkali terkesan seolah
Google mampu membaca pikiran dari setiap orang yang mencari lewat mesin
pencari raksasa ini.
Hasil dari sistem algoritma dirangkum dalam sebuah statistik rangking
tunggal yang disebut PageRank, Google sangat merahasiakan formula
PageRank ini, tetapi perusahaan tersebut mempromosikan pentingnya
PageRank, dan menawarkan pada para Webmaster petunjuk-petunjuk umum
untuk meningkatkan PageRank. Google menunjukkan sistem penilaian
rata-rata dari setiap situs (dalam skala 0-10) dalam toolbar Google.
Walaupun formula tepat dirahasiakan, tetapi ramuan dasar PageRank ini
dikenal publik.
KAPAN GOOGLE MENGINDEKS/MERAYAP?
Google merayapi situs di Internet dengan kedalaman berbeda dan dengan
pengaturan jadwal lebih dari sekali. Yang disebut Deep Crawl (merayap
dalam) dilakukan paling tidak sekali dalam 1 bulan.
Berkaitan dengan rumitnya proses pembuatan daftar dan kebutuhan akan
pembuatan daftar isi web secara ekstensif, diperlukan waktu lebih dari 1
minggu untuk melakukan perayapan. Karena itu diperlukan waktu 6
minggu untuk sebuah web atau blog baru supaya masuk dalam daftar
Google.
DEEP CRAWLER DAN FRESH CRAWLER
Google bergantung sepenuhnya pada deep crawl ini, tetapi hasil dari
deep crawl bisa cepat kadaluarsa terkait dengan cepatnya perubahan di
dunia internet. Karenanya Google meluncurkan fresh crawl yang secara
singkat mengunjungi situs-situs di Internet lebih sering daripada deep
crawl. Memang hasil fresh crawl ini tidak akan mengubah keseluruhan
indeks yang dimiliki Google, tapi akan mengupdate isi dari sebagian
web/blog. Google tidak mengumumkan jadwal fresh crawl ini dan
situs/blog apa yang dijadikan target, tetapi para Webmaster bisa
mengetahui jadwal tersebut lewat penyelidikan yang seksama.
Google tidak punya kewajiban untuk mengunjungi URL khusus apapun,
dengan fresh crawl mereka. Situs-situs dan blog bisa meningkatkan
kesempatan untuk lebih sering dikunjungi Google dengan mengupdate konten
mereka secara teratur. Ingat sisi kedangkalan dari fresh crawl,
Google mungkin mengunjungi halaman depan dari situs atau blog anda,
tetapi mungkin tidak mengunjungi halaman lain.
Deep Crawl bersifat lebih otomatis dan tanpa pertimbangan serta lebih
teliti daripada Fresh Crawl. Kesempatan baik datang bila saat jadwal
deep crawl, link-link dari halaman baru sudah tercantum di halaman
utama, sehingga deep crawl akan mengindeks halaman baru itu juga. Tidak
semua halaman dari sebuah situs akan dimasukkan dalam indeks oleh
Google, proses pertimbangannya adalah rahasia perusahaan tersebut.
Karenanya, bila anda merasa ada sebuah halaman atau artikel penting
yang anda miliki tidak terindeks di Google, yang bisa anda lakukan
adalah memaksimalkan promosi.
Satu hal yang Google banggakan dari kecanggihan sistem mereka adalah bahwa proses pembuatan indeks berlangsung secara otomatis. Sehingga tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali, termasuk para teknisi Google (tentu mereka mengendalikan si robot Spider,
tapi mereka tidak campur tangan pada hasilnya). Jadi akan sia-sia
bila anda berpikir mereka akan merespon keluhan anda mengenai hasil
pengindeksan terhadap blog atau situs anda.
DAFTAR ISTILAH :
Crawl : Proses di mana
software robot yang dimiliki search engine menjelajahi semua situs dan
blog yang ada di Internet. Dalam bahasa Indonesia disebut juga
merayap.
Spider : Nama software
robot yang dimiliki oleh search engine yang digunakan untuk mengindeks.
Software robot lain mungkin disebut Crawler.
Indeks : Daftar yang
dimiliki masing-masing search engine mengenai isi setiap situs dan blog
di dunia Internet. Daftar ini mungkin terdiri dari jutaan kategori dan
kata. Setiap kita melakukan pencarian lewat search engine, search
engine yang bersangkutan akan mengakses indeks mereka, untuk mencari
situs/blog yang memuat informasi yang anda inginkan.
sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jika mengalami Mati Link , kesulitan menginstall atau masalah lainnya , tinggalkan Komentar anda ..
If you have trouble for install game or other , please leave comment here ..